Coba Tentuin Sikap Dulu


Coba Tentuin Sikap Dulu

*edisi kesel... nggak terima complain...*

“Kok putus padahal serasi lho?”

Ciaaaaattttt..... Jurus kungfu, silat, dan taekwondo entah berasal dari mana kepingin keluar rasanya. Gemes dong dengernya. Tuh kata-kata bener-bener cetar-membahana-badai-khatulistiwa-menuju-angkasa-membelah-jagat-raya.

“Ya udah sih, Mbak, sentimen amat? Cepet tua lho entar.”

Iya, saya sentimen. Bodo’ dah cepet tua. Toh mati udah Allah yang atur ‘kan?

Guys, pernah dapet komentar, status, perkataan, dan segala kata mirip-mirip kayak gini? Pernah? Oke. Sama.

Masyarakat kita, terutama kalangan muda sudah biasa banget ngucapin hal ini. Sebagai seorang da’i dan da’iyah, kita sudah kenyang kayaknya dengan semua ini. Kadang sampe harus gigit bibir rasanya buat nahan rasa jengkel. Iya apa iya? tapi masalahnya, gimana kalo hal ini justru orang-orang sekaliber da’i dan da’iyah yang melakukan?

Hopely, kalo kita—dan saya khususnya—masih, segera doa deh biar Allah bisa menghilangkannya. Kenapa?

Gini, jadi tadi selesai ‘isya saya merenung kayak orang angong seperti biasa—yang kenal saya tahulah saat-saat saya nggak ngapa-ngapain kalo malem—buat berpikir tentang fenomena-fenomena yang terjadi. Guess what? Perhatian saya tertuju pada hal ini.

Ngerasa nggak sih, guys, kalo berbuat demikian jadinya munafik? Munafik ‘kan mengatakan apa-apa yang tidak ada di dalam hatinya. Say deh kalo dalam hati kita nolak. Tapi lisan ngomong begitu. Apa nggak munafik? Kalo argumennya biar orang pelan-pelan terima dakwah kita, bukankah itu perspektif yang sempit. Kenapa nggak diam saja. Atau nunggu orang tersebut bicara gitu lho? Masih ada 1001 cara untuk berdakwah. Nggak cuma dengan mendekati cara seperti itu. Caranya aja udah salah. Dari sudut mana kita kepingin jadi sesuatu yang bener? Mimpi kali ye?

Apa lagi kalo emang kita ngerasa emang mereka pasangan serasi dan hati merestui. Aduh, mak jang!! Selamat. Kita jadi orang yang merusak Islam. Atau khawatirkanlah seperti perkataan ustadz-ustadz  bahwa jangan-jangan kita justru menjadi perantara Allah buat ngerusak orang tersebut? Hih, ngeri ‘kan? Bukannya dapet amal malah dapet dosa. Mengapa? Karena kita tau ‘kan hakikat pacaran dan kawan-kawan itu? Kalo kita say yes berarti kita ridho dong?

Kalo yang ngasih tau aja udah lemah, apa yang mau mereka jawab kalo orang tersebut tanya, “’Kan dalam Al-Qur’an nggak ada kata dilarang pacaran?”

Jangan-jangan lisan terjerumus buat ngomong iya. What on earth?

Setidaknya, diamlah. Kan udah ada hadits-nya? Berkata baik atau diam? Ya sudah. Nggak usah pake restu-restuan segala.

Tentuin sikap deh. Jangan plin-plan.

Bandarlampung, 7-7-2013
Fenomena lapangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA