STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA


STUDI KELAYAKAN BISNIS
MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA







DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 3
1.      DIAN SUKMAWATI                      1011011005
2.      ISMAINI                                            1011011015
3.      NI WAYAN ESTI AGUSTINA      1011011021
4.      PRIMA HELAUBUDI                     1011011027
5.      ROSMALA DEWA BM                  1011011029
6.      MITA RUSMIATI                           1011011099
7.      RUMONDANG SIALLAGAN       1011011115
8.      SUSI SUSANTI                                1011011121
9.      TRISHARA ANGGRANDANI      1011011163




FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
T.A. 2012-2013

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya haturkan  kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan segala limpahan Rahmat, Taufik, dan Inayah-Nya sehingga makalah ini  dapat diselesaikan walaupun  dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Harapan kami selaku penulis, semoga makalah ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca yang membaca makalah, sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi dari makalah ini sehingga dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Makalah ini dirasa  masih banyak perlu perbaikan dikarenakan makalah ini masih jauh dari sempurna. Masih terdapat banyak  kekurangan disebabkan  pengetahuan yang masih sangat kurang dan perlu perbaikan kembali. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini agar kelaknya makalalah ini dapat kami perbaiki kembali dimasa yang akan datang .


Bandar Lampung, 20 November 2012




 Tim Penulis






DAFTAR ISI































BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Studi Kelayakan Bisnis (SKB) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila. Mata kuliah ini wajib terutama bagi mahasiswa-mahasiswa jurusan Manajemen semester 7. Sebagai catatan, Studi Kelayakan Bisnis ini merupakan mata kuliah yang termasuk kompleks di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila. Hal ini dikarenakan mata kuliah ini merupakan gabungan daripada semua mata kuliah lainnya.

Melihat betapa kompleksnya mata kuliah ini, maka jurusan manajemen berinisiatif untuk mengadakan kunjungan perusahaan di Sukabumi. Dari hasil diskusi didapatkan keputusan untuk bertandang ke Sukabumi, tepatnya di PT. Yakult Indonesia.

Di PT. Yakult Indonesia ini berusaha mendapatkan informasi mengenai perusahaan secara menyeluruh terutama bagian Sumber Daya Manusia untuk didapatkan kesimpulan apakah perusahaan tersebut efisien atau tidak efisien dalam mengurus Sumber Daya Manusia di perusahaan tertentu.

Maka dari itu, makalah ini dibuat sebagai hasil pengejawantahan daripada hasil kunjungan perusahaan kami.

B.  PERMASALAHAN

Apakah Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. Yakult Indonesia sudah efisien?



C.  TUJUAN

Tujuan daripada pembentukan dan pembuatan makalah ini sendiri adalah:
1)   Mengetahui mekanisme PT. Yakult Indonesia
2)   Mengomparasikan teori dalam mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis dengan di PT. Yakult Indonesia Persada
3)   Mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. Yakult Indonesia Persada
























BAB II
PEMBAHASAN

A.  PROFIL PT YAKULT INDONESIA PERSADA

Yakult merupakan minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. Sejarah Yakult diawali lebih dari 70 tahun yang lalu, saat ditemukannya satu jenis bakteri asam laktat yang mempunyai manfaat oleh Dr. Minoru Shirota, seorang dokter dan peneliti di bidang mikrobiologi. Setelah berhasil dikulturkan, bakteri bermanfaat Lactobacillus casei Shirota strain ini, digunakan untuk meningkatkan kesehatan kita melalui produk Yakult. Manfaat meminum Yakult, dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.
Pemasaran Yakult di indonesia dimulai dengan didirikannya perusahaan PT Yakult Indonesia Persada pada tanggal 2 Februari 1990 yang merupakan usaha patungan dengan status Penanaman Modal Asing (PMA) antara PT Perkasa Simpati Persada dan Yakult Honsha Co.Ltd. (Jepang).
Yakult Indonesia Cabang Semarang:
Alamat: Jalan Raya Gaharu No 13 Semarang.
Nomor telepon 024 70693646.
PT Yakult Indonesia Persada, Kantor Pusat:
Alamat: Plaza PP Lt 7, Jl TB Simatupang No 57 Jakarta 13760, Indonesia.
Nomor Telepon 021 87782138 Fax 87782138.
Email: pr-sci[at]yakult.co.id
Website: www.yakult.co.id
Call Center, Layanan Bebas Pulsa: 0800 1 YAKULT (925858).
Secara komersial Yakult mulai diproduksi pada tanggal 1 Januari 1991 dari pabrik di Jl. Kiwi Pekayon Pasar Rebost="on"Jakarta. Pada tahun 1997 lokasi pabrik di Pasar Rebo yang berkapasitas 720.000 botol per hari dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000 botol per hari.
Pada bulan Desember 2001 PT. Yakult Indonesia Persada menjadi PMA murni dengan permodalan dari Yakult Honsha Co. Ltd dan Yakult Management Service Co.Ltd di Jepang.
Produk minuman kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur. Perubahan temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult harus dipertahankan hidup, karenanya harus diusahakan agar setelah dibotolkan, bakteri-bakteri tersebut tidak lagi melakukan proses fermentasinya. Untuk itu Yakult harus selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Berkenaan dengan itu untuk menjaga mutunya, distribusi Yakult ditangani langsung oleh staff perusahaan.

YAKULT berhasil meraih penghargaan Top Brand Award dan Indonesia Best Brand Award 2008.Bantuan Ambulance untuk korban gempa Yogyakarta.
1.    19 Maret 2007
Pada tanggal 19 Maret 2007, bertempat di Hotel Kartika Chandra, diadakan Konvensi tahunan Yakult Lady yang ke 17 kalinya.


2.    28 Maret 2007
Penghargaan Piagam Bintang Tiga (***) Keamanan Pangan untuk Yakult dari BPOM RI
Pada tanggal 28 Maret 2007, pabrik Yakult yang berada di Cicurug, Sukabumi, mendapatkan penghargaan dari Badan POM RI yaitu berupa Piagam Bintang Tiga (***) untuk Keamanan Pangan.
3.    21 Mei 2007
Konferensi Pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult
Pada tanggal 21 Mei 2007, bertempat di pabrik Yakult yang berada di Cicurug, Sukabumi, PT. Yakult st="on"Indonesiamengadakan konferensi pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult.
4.    18 September 2007
Konferensi Pers dalam rangka peluncuran Yakult ACE Premium
Pada tanggal 21 Mei 2007, bertempat di pabrik Yakult yang berada di Cicurug, Sukabumi, PT. Yakult st="on"Indonesiamengadakan konferensi pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult.
5.    18 Desember 2007 
YAKULT st="on"Indonesia meraih Investment Award thn 2007 sebagai yang terbaik ke-2
Pada tanggal 18 Desember 2007, Yakult menerima penghargaan Investment Award terbaik ke-2 thn 2007 untuk kategori PMA skala menengah - kecil.


6.    Agustus 2008 
YAKULT Indonesia meraih penghargaan Top Brand Award 2008 & st="on"Indonesia Best Brand Award 2008
Pada tahun 2008 ini Yakult Indonesia meraih sekaligus 2 penghargaan bergengsi yaitu Top Brand Award danst="on"Indonesia Best Brand Award untuk kategori minuman probiotik.

Produk Yakult
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain.
Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.
Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.

Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan.


Manfaat meminum Yakult
Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup ke dalam usus kita. 

Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga
kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.
Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
1.      Mencegah gangguan pencernaan
2.      Meningkatkan daya tahan tubuh
3.      Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus
4.      Mengurangi racun dalam usus
5.      Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

Penelitian
Penelelitian yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :
1.      Penelitian dan pengembangan produk-produk makanan.
2.      Penelitian dan pengembangan produk kosmetik.
3.      Penelitian dan pengembangan produk farmasi.
4.      Penelitian bakteri usus.
5.      Penelitian dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
6.      Penelitian bioteknologi.
7.      Test keamanan untuk produk dan bahan st="on"baku.

Bahan-Bahan Yakult
Yakult dibuat dari bahan-bahan:
1.  Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
2.  Susu bubuk skim
3.  Sukrosa dan glukosa.
4.  Perisa
5.  Air

Manfaat Yakult
Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat membantu:
1.        Mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.
2.        Meningkatkan kekebalan tubuh.
3.        Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus.
4.        Mengurangi racun dalam usus.

Konsep Sifo

1.         SDM :
-Karyawan
-Manager
-Direktur
-Logistik
-dll


2.    SDH :
-Mesin
- komputer
-Disk Drive
-Media
-Floppy Disk
- Disk Optical
- dll

3.    SDS :
-Program Sistem Operai
-Program Spreadsheet
-Prosedur Entri Data
- dll

4.    SDT :
- Diskripsi Produk
- Catatan Pelanggan
- File Kepegawaian
- Data Base
- dll

5.    SDJ :
- Media komunikasi (televisi, radio, majalah, dll)
- Pemroses Komunikasi
- Software Akses
- dll

B.  KUISIONER DAN HASIL WAWANCARA

Kuisioner

Kuisioner yang kami gunakan berubah-ubah sesuai dengan apa yang kami butuhkan dari di lapangan. Pada akhirnya, berikut inilah kuisioner yang kami tanyakan pada saat pemaparan dan wawancara yang kami lakukan:

1)   Struktur organisasi perusahaan
1.        Apakah perusahaan ini sudah Go Internasional?
2.        Berapa jangka waktu perusahaan membuat inovasi produk baru?
3.        Bagaimana cara manajer menghadapi ketidakproduktifan pekerja?
4.        Apa jenis model manajemen yang digunakan oleh perusahaan?
2)   Perencanaan SDM, Job Analysis, Job Description, Jenjang Karir
1.        Berapakah pekerja yang dibutuhkan setiap tahunnya?
2.        Apa saja kualifikasi yang dibutuhkan setiap pekerja secara umum untuk masuk perusahaan ini?
3.        Apa saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang manajer?
4.        Apa saja tugas setiap divisi/departemen?
5.        Adakah jenjang karir di perusahaan ini?
3)   Recruitment dan Pengukuran Kinerja
1.        Di manakah biasanya perusahaan menyebarkan info recruitment?
2.        Apa pertimbangan perusahaan memilih media tersebut?
3.        Tahapan apa saja yang harus dilalui pelamar kerja?
4.        Berapa lama training dilakukan?
5.        Berapa lama masa percobaan kerja pekerja?
6.        Apakah ada sistem reward and punishment? Apa saja tingkatannya?
7.        Bagaimana cara perusahaan menrecruitment para karyawannya ?
8.        Apa saja yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menrecruitment  para karyawannya ?
9.        Apakah kelebihan dan kekurangan dari cara recruitment  yang dilakukan perusahaan ini ?
10.    Apa saja  yang  harus dilalui oleh para pelamar kerja dalam ikut seleksi dari perusahaan ini ?
4)   Renumerasi dan Kompensasi
1.        Apakah perusahaan sering melakukan routing/mutasi?
2.        Alasan apa saja yang menyebabkan perusahaan melakukan atau tidak melakukan routing?
3.        Bagaimanakah pihak manajer memilih para pekerja yang di PHK?

Hasil Wawancara

3 bulan pertama training percobaan, jika lulus 6 bulan kemudian pengangkatan pekerja tetap.

Dari hasil pemaparan dalam seminar yang dipersilahkan oleh PT Yakult Indonesia Persada melalui Bapak Samsul yang merupakan bagian/divisi yang menangani bidang edukasi, didapatkan bahwa PT. Yakult Indonesia Persada udah go internasional.

Inovasi PT Yakult Indonesia Persada

Perusahaan tidak membuat inovasi tentang rasa dari Yakult. Rasa Yakult memang asli dari fermentasi bakteri dan susu skim berkualitas dari Yakult sendiri. Inovasi yang dilakukan dari PT. Yakult Indonesia Persada adalah:

1)      Soal rasa
Soal rasa Yakult berbahan dasar yang alami, memiliki lisensi dan pengawasan dari Menteri Kesehatan. Soal rasa, Yakult menggunakan rasa dan warna alami. Berupa fermentasi gula/sukrosa, susu skim, dan bakteri.
2)      Soal ukuran dan segmentasu
Inovasi Yakult lebih pada ukuran dan jumlah bakteri yang lebih banyak khusus untuk para lansia. Yakult jenis ini disebut Yakult Ace.
Jadi, Yakult membuat dua varian daripada produknya, yaitu: Yakult, dan Yakult Ace.

Ketidakproduktifan dan Peringatan

Masalah ketidakproduktifan kerja diatasi dengan beberapa peringatan. Peringatan yang diberikan sebanyak dua kali peringatan, yang disusul dengan suratnya. Setelah itu, baru diadakan pemecatan.

Model Manajemen

Model manajemen yang digunakan oleh PT. Yakult Indonesia Persada adalah struktur manajemen staff. Struktur organisasi manajemen staff ini berbentuk adanya gabungan antara struktur organisasi lini dan fungsional. Perbedaannya adalah adanya staff ahli yang menangani perusahaan. Adanya staff ahli dalam PT. Yakult Indonesia Persada ini dikarenakan Yakult untuk mengukur produk agar dapat dijual dengan standardisasi yang sama dengan di Jepang dan di tempat-tempat lainnya.

Dan dengan diadakannya pengujian terus-menerus oleh Yakult ini terhadap produk yang dihasilkan berkenaan dengan kesterilan daripada produknya.

Apabila ada produk yang tidak sesuai dengan standar atau ukuran yang ditetapkan oleh Yakult, maka produk akan dipisahkan kemudian di-repackage.

Selain itu, ada juga yang dibuang apabila hasil tesnya tidak sesuai.




Kuantitas Pekerja

Kuantitas pekerja yang dibutuhkan perusahaan ini sendiri tidak tetap. Hal ini juga ditunjang oleh padatnya modal berupa alat-alat canggih yang disuntikkan dalam pabrik. Akibatnya, kuantitas pekerjanya hanya sedikit diperlukan.

Kualifikasi pekerja ini sendiri juga bervariasi berdasarkan kesulitan pekerjaan/jenjang karir di PT. Yakult Indonesia Persada, berupa:
1)       Pada pekerja lini bawah, kualifikasi yang diberikan berupa : lulusan SMA dan D3
2)      Pada manajer (level bawah)  : lulusan S1.
3)      Pada manajer atas (top manajer) : lulusan S2.

Kuantitas dari pekerja Yakult sendiri ada 300 pekerja di PT. Yakult Indonesia Persada, terdiri dari:
1)      150 supir sebagai distributor.
2)        Sisa kerja staff ahli; dengan  40 ekspartiat dari Jepang

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari cara recruitment  yang dilakukan perusahaan Yakult yaitu:
1)      Kekuatan
Kekuatan dari cara perekrutan ini berupa mudahnya mendapatkan staff ahli yang berkualitas sehingga mendapatkan para pekerja yang berkualitas, terpercaya, dan kompeten dalam bidang pekerjaan yang dibutuhkan.
2)      Kekurangan
Kekurangan dari cara perekrutan ini adalah seperti kebanyakan perusahaan yang menggunakan cara perekrutan ini bisa menyebabkan adanya Nepotisme, karena biasanya pekerja direkrut masih ada hubungan dekat, sehingga nantinya jika terjadi masalah didalam perusahaan sulit untuk memecat karyawan. Karena ada unsur perasaan di dalamnya.


Sistem Perekrutan

Sistem perekrutan berasal dari internal perusahaan. Caranya dengan mencari informasi dari bagian yang membutuhkan pekerja baru dari pekerja lama. Di bagian yang bersangkutan mencari link/jaringan yang kompeten.

Hal ini menyebabkan PT. Yakult Indonesia Persada tidak membuka lowongan pekerjaan. Kecuali apabila sudah tidak ada informasi berkaitan dengan pekerja kompeten daripada pekerja lama.

Contoh dari perekrutan luar PT Yakult Indonesia Persada:
Membutuhkan :
Center Koordinator/Admin
Kriteria :
1.      Perempuan
2.      Usia maksimal 27 tahun
3.      Pendidikan minimal D3
4.      Belum menikah
5.      Mau bekerja keras, orientasi target dan motivas tinggi
6.      Penempatan Cabang Jember
Fasilitas : Gaji pokok, Uang Makan, Transport, insentife, Jamsostek

Sistem Penerimaan Calon Pekerja

Sistem penerimaan calon pekerja dilalui dengan 3 tahapan, yaitu:
1)      Tahap 1; Seleksi administrasi
Seleksi administrasi ini dilakukan dengan melihat kualifikasi berkas dari calon pelamar kerja.
2)      Tahap 2; Tes tertulis
3)      Tahap 3; Tes wawancara.

Routing dan mutasi

Tidak ada routing dan mutasi di perusahaan ini, karena perusahaan menggunakan staff ahli. Jika diadakan routing dan mutasi terjadi kekacauan dalam produksi yang akan menyebabkan ketidakstabilan dan penurunan  produktifitas perusahaan. Karena perusahaan sudah menggunakan staff ahli yang sudah sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing.

C.  ANALISIS

Analisis yang digunakan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia PT Yakult Indonesia Persada di mana kami melihat apakah perusahaan ini (cukup) efisien atau tidak, kami memilih dengan menggunakan: ANALISIS SWOT.

Alasan kami memilih analisis SWOT ini adalah karena:
1)      Manajemen Sumber Daya Manusia tidak dapat dikatakan layak atau tidak layak seperti dengan menganalisis manajemen yang lainnya.
2)      Analisis SWOT kami melihat:
-          Streght (Kekuatan)
-          Weakness (Kekurangan)
-          Opportunity (Peluang/Kesempatan)
-          Threat (Ancaman)
yang hal ini dapat dilihat dari perusahaan.

Berikut hasil analisis SWOT kami:

Streght
1.      Yakult merupakan satu-satunya minuman prebiotik yang  mengandung bakteri yang bermanfaat bagi tubuh manusia, yaitu bakteri Lactobacillus casei Shirota strain.
2.      Cita rasa yang terdapat pada Yakult, murni tanpa tambahan rasa, karena Yakult merupakan minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain dibandingkan minuman kesehatan lainnya. Sehingga rasa dan warna Yakult pun lebih alami dan higienis.
3.      YAKULT berhasil meraih berbagai penghargaan yaitu:
ü  berhasil meraih penghargaan Top Brand Award dan Indonesia Best Brand Award 2008.Bantuan Ambulance untuk korban gempa Yogyakarta.
ü  YAKULT berhasil meraih penghargaan Top Brand Award dan Indonesia Best Brand Award 2008.Bantuan Ambulance untuk korban gempa Yogyakarta.
ü  Pada tanggal 28 Maret 2007, pabrik Yakult yang berada di Cicurug, Sukabumi, mendapatkan penghargaan dari Badan POM RI yaitu berupa Piagam Bintang Tiga (***) untuk Keamanan Pangan.
ü  18 Desember 2007 .YAKULT st="on"Indonesia meraih Investment Award thn 2007 sebagai yang terbaik ke-2 untuk kategori PMA skala menengah - kecil. Agustus 2008 .
ü  YAKULT Indonesia meraih penghargaan Top Brand Award 2008 & st="on"Indonesia Best Brand Award 2008. Sekaligus pada tahun 2008 ini Yakult Indonesia meraih sekaligus 2 penghargaan bergengsi yaitu Top Brand Award danst="on"Indonesia Best Brand Award untuk kategori minuman probiotik.
4.      Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan berbagai manfaat baik dalam tubuh manusia.
5.      PT YAKULT benar-benar menggunakan tenaka kerja yang kompeten.untuk menjaga mutunya, pendistribusian Yakult ditangani langsung oleh staff perusahaan.
6.       PT. Yakult Indonesia Persada udah go internasional.
7.      Diadakannya pengujian terus-menerus oleh Yakult ini terhadap produk yang dihasilkan berkenaan dengan kesterilan daripada produknya.
8.      Sarana dan prasarana produksi berupa alat-alat canggih/modern.
9.      Mempunyai staff ahli
10.  Pendistribusian yang luas
11.  Penguasaan pangsa pasar
12.  Letak pabriknya strategis
13.  Produk Yakult terkenal di negara-negara Asia dan populer di kalangan masyarakat Indonesia.
14.  Botol yakult terbuat dari plastik yang ringan, aman, dan mudah didaur ulang  
15.  Yakult memiliki Jargon produk yaitu  “MINUMAN KELUARGA SEHAT”.
16.  Perusahaan Yakult memiliki komitmen yang baik dalam menjaga keamanan produk yang dihasilkan. Jaminan keamanan produk merupakan bagian penting dari pengembangan penelitian produk. Dalam menjaga kualitas produknya, Yakult mendapatkan sertifikasi ISO9001 untuk standar sistem manajemen kualitas.
17.  PT Yakult Indonesia Persada menerapkan strategi yaitu “Mendorong kualitas kewaspadaan karyawan melalui penyaringan dan pelatihan yang ditingkatkan”. Hal ini terbukti dengan adanya penyaringan terhadap sumberdaya karyawan yang bekerja di perusahaan ini. Sementara itu untuk mendorong kualitas kewaspadaan, dari pihak PT Yakult selalu memberikan pelatihan kepada karyawannya dalam hal peningkatan hardskill dan soft skill tentang penguasaan secara teknis terhadap peralatan dan mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi Yakult
18.  PT Yakult Indonesia Persada memiliki kekuatan dalam hal teknologi yang diterapkan dalam pembuatan produk dimana perusahaan berhubungan langsung dengan pihak Perusahaan Yakult yang ada di Jepang baik itu dalam hal pasokan bahan dasar produk, ataupun terkait dengan peningkatan kapasitas pengetahuan pekerja Indonesia yang study ke Jepang untuk diberikan Ilmu Pengetahun mengenai produksi Yakult.
19.  PT Yakult Indonesia Persada juga memberikan Reward kepada karyawannya sehingga meningkatkan motivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja, serta ada kompensasi bagi karyawan dan membawanya ke Jepang untuk sebagai bentuk penghormatan dan hadiah kepada karyawan yang berprestasi.
20.  PT Yakult juga mengadakan Evaluasi Kinerja dengan pihak karyawan dengan sistem umpan balik, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dari pihak perusahaan. Evaluasi kinerja yang dilakukan mencakup hasil dari kerja karyawan dan bentuk lainnya mengenai kepuasan dari pelanggan baik itu melalui layanan konsumen atau surat elektronik. Sementara itu tingkat permintaan akan produk Yakult pun menjadi dasar evaluasi kinerja dari karyawan karena berhubungan lansung dengan seberapa tinggi kinerjanya para karyawan dalam memberikan layanan kepada pihak konsumen sehingga permintaan akan produk yakult pun menjadi dasar.

Weakness
1.      Karena Yakult minuman yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain dan tanpa menambah bahan pengawet sedikitpun, maka Yakult harus selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Hal ini guna untuk menjaga mutu dari minuman ini sendiri dan hanya mampu bertahan sampai 40 hari saja.
2.      belum banyaknya varian yang dibuat oleh YAKULT, Yakult baru membuat dua varian produknya, yaitu: Yakult, dan Yakult Ace. Dimana Yakult Ace ini pun barangnya masih dimpor dari Malaysia.
3.      Cara perekruitmen yang dilakukan oleh PT YAKULT yang menggunakan HOMES menimbulkan masalah adanya nepotisme
4.      Transportasinya masih menggunakan angkutan darat.
5.      Menejemen kurang siap terhadap perubahan
6.      Kurang menyerap tenaga kerja karena PT Yakult Indonesia Persada telah menggunakan teknologi modern.
7.      Ukuran Yakult yang kecil dapat menyebabkan tidak terlihatnya produk Yakult  di antara produk lainnya yang didinginkan dalam beberapa lemari es.
8.      Kemasan plastic 1 pack dapat menyebabkan kesulitan bagi konsumen yang membeli secara eceran.

Opportunity
1.      Pasar domestik dan global masih terbuka lebar untuk dimanfaatkan, baik karena ekspansi daerah baru dan menjaga tingkat penuaan usus.
2.      Pola hidup konsumen yang masih memperhatikan kesehatannya, ususnya untuk menjaga usus.
3.      Menambahkan Yakult ke makanan lain, misalnya, milkshake.
4.      Masih sedikitnya kompetitor yang mengembangkan produk seperti yakult ini.

Threat
1.      Banyaknya minuman-minuman probiotik yang beredar dipasar Indonesia saat ini
2.      Konsumen bonsen terhadap rasa yakult
3.      Adanya subtitusi untuk minuman sehat








BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN

Dari hasil kunjungan dan wawancara yang kelompok kami lakukan didapatkan hasil bahwa PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kategori EFISIEN.

Hal ini dikarenakan dalam aspek SDM:
1.    Pengelolaan Sumber Daya Manusia-nya baik.
Dibuktikan dengan menempatkan karyawan sesuai dengan keahlian dan pendidikannya masing-masing. Sehingga karyawan dapat transfer knowledge (mengaplikasikan ilmunya).
2.    Penghargaan ke Jepang
Karyawan mendapatkan penghargaan. Hal ini menjadi kesempatan transfer knowledge dari mengunjungi langsung proses pembuatan di pabrik PT. Yakult Honsha yang ada di Jepang.

Manajemen Sumber Daya Manusia PT Yakult Indonesia Persada
mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumberdaya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumberdaya manusia  berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan PT Yakult indonesia Persada yang dibutuhkan untuk meraih tujuan  PT Yakult Indonesia Persada.
Akhirnya, semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada, semuanya bernaung di bawah payung Sumber Daya Manusia. Sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia  pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar bisa tetap establish dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi utama adalah profit dan benefit.






















DAFTAR PUSTAKA

id.wikipedia.org/wiki/Yakult
kerjawa.blogspot.com › Lowongan Kerja Swasta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manuskrip Teater

Sajak Anak-anak Mati