STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA
STUDI
KELAYAKAN BISNIS
MENGANALISIS
KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA
DISUSUN
OLEH:
KELOMPOK
3
1.
DIAN
SUKMAWATI 1011011005
2.
ISMAINI 1011011015
3.
NI
WAYAN ESTI AGUSTINA 1011011021
4.
PRIMA
HELAUBUDI 1011011027
5.
ROSMALA
DEWA BM 1011011029
6.
MITA
RUSMIATI 1011011099
7.
RUMONDANG
SIALLAGAN 1011011115
8.
SUSI
SUSANTI 1011011121
9.
TRISHARA
ANGGRANDANI 1011011163
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
LAMPUNG
T.A.
2012-2013
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur saya
haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
yang telah memberikan segala limpahan Rahmat, Taufik, dan Inayah-Nya sehingga
makalah ini dapat diselesaikan walaupun dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,
petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Harapan kami selaku penulis, semoga
makalah ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca yang membaca makalah, sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi dari
makalah ini sehingga dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Makalah ini dirasa masih banyak perlu perbaikan dikarenakan makalah ini masih jauh dari sempurna. Masih terdapat banyak kekurangan disebabkan pengetahuan yang masih sangat kurang dan perlu perbaikan kembali. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini agar kelaknya makalalah ini dapat kami perbaiki kembali dimasa yang akan datang .
Makalah ini dirasa masih banyak perlu perbaikan dikarenakan makalah ini masih jauh dari sempurna. Masih terdapat banyak kekurangan disebabkan pengetahuan yang masih sangat kurang dan perlu perbaikan kembali. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini agar kelaknya makalalah ini dapat kami perbaiki kembali dimasa yang akan datang .
Bandar Lampung, 20 November 2012
Tim Penulis
DAFTAR
ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Studi Kelayakan Bisnis (SKB)
merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unila. Mata kuliah ini wajib terutama bagi mahasiswa-mahasiswa jurusan
Manajemen semester 7. Sebagai catatan, Studi Kelayakan Bisnis ini merupakan mata
kuliah yang termasuk kompleks di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila. Hal ini
dikarenakan mata kuliah ini merupakan gabungan daripada semua mata kuliah
lainnya.
Melihat betapa kompleksnya mata
kuliah ini, maka jurusan manajemen berinisiatif untuk mengadakan kunjungan
perusahaan di Sukabumi. Dari hasil diskusi didapatkan keputusan untuk
bertandang ke Sukabumi, tepatnya di PT. Yakult Indonesia.
Di PT. Yakult Indonesia ini
berusaha mendapatkan informasi mengenai perusahaan secara menyeluruh terutama
bagian Sumber Daya Manusia untuk didapatkan kesimpulan apakah perusahaan
tersebut efisien atau tidak efisien dalam mengurus Sumber Daya Manusia di
perusahaan tertentu.
Maka dari itu, makalah ini dibuat
sebagai hasil pengejawantahan daripada hasil kunjungan perusahaan kami.
B. PERMASALAHAN
Apakah Manajemen Sumber Daya
Manusia di PT. Yakult Indonesia sudah efisien?
C. TUJUAN
Tujuan daripada pembentukan dan
pembuatan makalah ini sendiri adalah:
1) Mengetahui
mekanisme PT. Yakult Indonesia
2) Mengomparasikan
teori dalam mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis dengan di PT. Yakult Indonesia
Persada
3) Mengetahui
Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. Yakult Indonesia Persada
BAB II
PEMBAHASAN
A. PROFIL
PT YAKULT INDONESIA PERSADA
Yakult merupakan minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu
bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. Sejarah Yakult diawali lebih
dari 70 tahun yang lalu, saat ditemukannya satu jenis bakteri asam laktat yang mempunyai
manfaat oleh Dr. Minoru Shirota, seorang dokter dan peneliti di bidang
mikrobiologi. Setelah berhasil dikulturkan, bakteri bermanfaat Lactobacillus
casei Shirota strain ini, digunakan untuk meningkatkan kesehatan kita melalui
produk Yakult. Manfaat meminum Yakult, dengan
mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5
milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita. Usus
kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun
dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah
menjaga kesehatan usus.
Pemasaran Yakult di indonesia dimulai dengan
didirikannya perusahaan PT Yakult Indonesia Persada pada tanggal 2 Februari
1990 yang merupakan usaha patungan dengan status Penanaman Modal Asing (PMA)
antara PT Perkasa Simpati Persada dan Yakult Honsha Co.Ltd. (Jepang).
Yakult
Indonesia Cabang Semarang:
Alamat: Jalan Raya Gaharu No 13 Semarang.
Nomor telepon 024 70693646.
Alamat: Jalan Raya Gaharu No 13 Semarang.
Nomor telepon 024 70693646.
PT
Yakult Indonesia Persada, Kantor Pusat:
Alamat: Plaza PP Lt 7, Jl TB Simatupang No 57 Jakarta 13760, Indonesia.
Nomor Telepon 021 87782138 Fax 87782138.
Email: pr-sci[at]yakult.co.id
Website: www.yakult.co.id
Call Center, Layanan Bebas Pulsa: 0800 1 YAKULT (925858).
Alamat: Plaza PP Lt 7, Jl TB Simatupang No 57 Jakarta 13760, Indonesia.
Nomor Telepon 021 87782138 Fax 87782138.
Email: pr-sci[at]yakult.co.id
Website: www.yakult.co.id
Call Center, Layanan Bebas Pulsa: 0800 1 YAKULT (925858).
Secara komersial Yakult mulai diproduksi pada tanggal 1 Januari 1991
dari pabrik di Jl. Kiwi Pekayon Pasar Rebost="on"Jakarta. Pada tahun
1997 lokasi pabrik di Pasar Rebo yang berkapasitas 720.000 botol per hari
dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas
produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000 botol per hari.
Pada bulan Desember 2001 PT. Yakult Indonesia Persada menjadi PMA murni
dengan permodalan dari Yakult Honsha Co. Ltd dan Yakult Management Service
Co.Ltd di Jepang.
Produk minuman kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur.
Perubahan temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei Shirota strain
yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult harus dipertahankan hidup,
karenanya harus diusahakan agar setelah dibotolkan, bakteri-bakteri tersebut
tidak lagi melakukan proses fermentasinya. Untuk itu Yakult harus selalu
disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin
akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Berkenaan dengan itu untuk menjaga
mutunya, distribusi Yakult ditangani langsung oleh staff perusahaan.
YAKULT berhasil meraih penghargaan Top Brand Award
dan Indonesia Best Brand Award 2008.Bantuan Ambulance untuk korban
gempa Yogyakarta.
1. 19 Maret 2007
Pada tanggal 19 Maret 2007, bertempat di Hotel Kartika Chandra, diadakan
Konvensi tahunan Yakult Lady yang ke 17 kalinya.
2. 28 Maret 2007
Penghargaan Piagam Bintang Tiga (***) Keamanan Pangan untuk Yakult dari
BPOM RI
Pada tanggal 28 Maret 2007, pabrik Yakult yang berada di Cicurug,
Sukabumi, mendapatkan penghargaan dari Badan POM RI yaitu berupa Piagam Bintang
Tiga (***) untuk Keamanan Pangan.
3. 21 Mei 2007
Konferensi Pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult
Pada tanggal 21 Mei 2007, bertempat di pabrik Yakult yang berada di
Cicurug, Sukabumi, PT. Yakult st="on"Indonesiamengadakan
konferensi pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult.
4. 18 September 2007
Konferensi Pers dalam rangka peluncuran Yakult ACE Premium
Pada tanggal 21 Mei 2007, bertempat di pabrik Yakult yang berada di
Cicurug, Sukabumi, PT. Yakult st="on"Indonesiamengadakan
konferensi pers dalam rangka peluncuran kemasan baru Yakult.
5. 18 Desember
2007
YAKULT st="on"Indonesia meraih Investment Award thn
2007 sebagai yang terbaik ke-2
Pada tanggal 18 Desember 2007, Yakult menerima penghargaan Investment
Award terbaik ke-2 thn 2007 untuk kategori PMA skala menengah - kecil.
6. Agustus 2008
YAKULT Indonesia meraih penghargaan Top Brand Award 2008
& st="on"Indonesia Best Brand Award 2008
Pada tahun 2008 ini Yakult Indonesia meraih sekaligus 2
penghargaan bergengsi yaitu Top Brand Award
danst="on"Indonesia Best Brand Award untuk kategori minuman
probiotik.
Produk Yakult
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara
memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus
casei Shirota strain.
Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult,
telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih
satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.
Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi
strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini
dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan
empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.
Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan
cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan
mengurangi jumlah bakteri yang merugikan.
Manfaat meminum
Yakult
Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan
sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus
casei Shirota strain hidup ke dalam usus kita.
Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.
Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai
usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
1. Mencegah gangguan
pencernaan
2. Meningkatkan daya
tahan tubuh
3. Meningkatkan jumlah
bakteri berguna dalam usus
4. Mengurangi racun
dalam usus
5. Membatasi jumlah
bakteri yang merugikan dalam usus.
Penelitian
Penelelitian yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :
1.
Penelitian dan pengembangan produk-produk
makanan.
2.
Penelitian dan pengembangan produk kosmetik.
3.
Penelitian dan pengembangan produk farmasi.
4.
Penelitian bakteri usus.
5.
Penelitian dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
6.
Penelitian bioteknologi.
7.
Test keamanan untuk produk dan
bahan st="on"baku.
Bahan-Bahan Yakult
Yakult dibuat dari bahan-bahan:
1. Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain
hidup
2. Susu bubuk skim
3. Sukrosa dan glukosa.
4. Perisa
5. Air
Manfaat Yakult
Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat
membantu:
1.
Mencegah gangguan
pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.
2.
Meningkatkan kekebalan
tubuh.
3.
Meningkatkan jumlah
bakteri berguna dalam usus.
4.
Mengurangi racun dalam
usus.
Konsep Sifo
1.
SDM :
-Karyawan
-Manager
-Direktur
-Logistik
-dll
-Manager
-Direktur
-Logistik
-dll
2. SDH :
-Mesin
- komputer
-Disk Drive
-Media
-Floppy Disk
- Disk Optical
- dll
- komputer
-Disk Drive
-Media
-Floppy Disk
- Disk Optical
- dll
3. SDS :
-Program Sistem
Operai
-Program Spreadsheet
-Prosedur Entri Data
- dll
-Program Spreadsheet
-Prosedur Entri Data
- dll
4. SDT :
- Diskripsi Produk
- Catatan Pelanggan
- File Kepegawaian
- Data Base
- dll
- Catatan Pelanggan
- File Kepegawaian
- Data Base
- dll
5. SDJ :
- Media komunikasi (televisi, radio, majalah, dll)
- Pemroses Komunikasi
- Software Akses
- dll
- Pemroses Komunikasi
- Software Akses
- dll
B. KUISIONER
DAN HASIL WAWANCARA
Kuisioner
Kuisioner yang kami gunakan
berubah-ubah sesuai dengan apa yang kami butuhkan dari di lapangan. Pada
akhirnya, berikut inilah kuisioner yang kami tanyakan pada saat pemaparan dan
wawancara yang kami lakukan:
1)
Struktur organisasi perusahaan
1.
Apakah perusahaan ini sudah Go
Internasional?
2.
Berapa jangka waktu perusahaan membuat
inovasi produk baru?
3.
Bagaimana cara manajer menghadapi
ketidakproduktifan pekerja?
4.
Apa jenis model manajemen yang digunakan
oleh perusahaan?
2) Perencanaan
SDM, Job Analysis, Job Description, Jenjang Karir
1.
Berapakah pekerja yang dibutuhkan setiap
tahunnya?
2.
Apa saja kualifikasi yang dibutuhkan
setiap pekerja secara umum untuk masuk perusahaan ini?
3.
Apa saja kualifikasi yang dibutuhkan
untuk menjadi seorang manajer?
4.
Apa saja tugas setiap divisi/departemen?
5.
Adakah jenjang karir di perusahaan ini?
3) Recruitment
dan Pengukuran Kinerja
1.
Di manakah biasanya perusahaan
menyebarkan info recruitment?
2.
Apa pertimbangan perusahaan memilih
media tersebut?
3.
Tahapan apa saja yang harus dilalui
pelamar kerja?
4.
Berapa lama training dilakukan?
5.
Berapa lama masa percobaan kerja
pekerja?
6.
Apakah ada sistem reward and punishment?
Apa saja tingkatannya?
7.
Bagaimana cara perusahaan menrecruitment
para karyawannya ?
8.
Apa saja yang menjadi pertimbangan
perusahaan dalam menrecruitment para
karyawannya ?
9.
Apakah kelebihan dan kekurangan dari
cara recruitment yang dilakukan
perusahaan ini ?
10. Apa
saja yang harus dilalui oleh para pelamar kerja dalam
ikut seleksi dari perusahaan ini ?
4) Renumerasi
dan Kompensasi
1.
Apakah perusahaan sering melakukan
routing/mutasi?
2.
Alasan apa saja yang menyebabkan
perusahaan melakukan atau tidak melakukan routing?
3.
Bagaimanakah pihak manajer memilih para
pekerja yang di PHK?
Hasil
Wawancara
3
bulan pertama training percobaan, jika lulus 6 bulan kemudian pengangkatan
pekerja tetap.
Dari
hasil pemaparan dalam seminar yang dipersilahkan oleh PT Yakult Indonesia Persada
melalui Bapak Samsul yang merupakan bagian/divisi yang menangani bidang
edukasi, didapatkan bahwa PT. Yakult Indonesia Persada udah go internasional.
Inovasi
PT Yakult Indonesia Persada
Perusahaan
tidak membuat inovasi tentang rasa dari Yakult. Rasa Yakult memang asli dari
fermentasi bakteri dan susu skim berkualitas dari Yakult sendiri. Inovasi yang dilakukan
dari PT. Yakult Indonesia Persada adalah:
1) Soal
rasa
Soal rasa Yakult berbahan dasar
yang alami, memiliki lisensi dan pengawasan dari Menteri Kesehatan. Soal rasa,
Yakult menggunakan rasa dan warna alami. Berupa fermentasi gula/sukrosa, susu
skim, dan bakteri.
2) Soal
ukuran dan segmentasu
Inovasi Yakult lebih pada ukuran
dan jumlah bakteri yang lebih banyak khusus untuk para lansia. Yakult jenis ini
disebut Yakult Ace.
Jadi,
Yakult membuat dua varian daripada produknya, yaitu: Yakult, dan Yakult Ace.
Ketidakproduktifan
dan Peringatan
Masalah
ketidakproduktifan kerja diatasi dengan beberapa peringatan. Peringatan yang
diberikan sebanyak dua kali peringatan, yang disusul dengan suratnya. Setelah
itu, baru diadakan pemecatan.
Model
Manajemen
Model
manajemen yang digunakan oleh PT. Yakult Indonesia Persada adalah struktur
manajemen staff. Struktur organisasi manajemen staff ini berbentuk adanya
gabungan antara struktur organisasi lini dan fungsional. Perbedaannya adalah
adanya staff ahli yang menangani perusahaan. Adanya staff ahli dalam PT. Yakult
Indonesia Persada ini dikarenakan Yakult untuk mengukur produk agar dapat
dijual dengan standardisasi yang sama dengan di Jepang dan di tempat-tempat
lainnya.
Dan
dengan diadakannya pengujian terus-menerus oleh Yakult ini terhadap produk yang
dihasilkan berkenaan dengan kesterilan daripada produknya.
Apabila
ada produk yang tidak sesuai dengan standar atau ukuran yang ditetapkan oleh
Yakult, maka produk akan dipisahkan kemudian di-repackage.
Selain
itu, ada juga yang dibuang apabila hasil tesnya tidak sesuai.
Kuantitas
Pekerja
Kuantitas
pekerja yang dibutuhkan perusahaan ini sendiri tidak tetap. Hal ini juga
ditunjang oleh padatnya modal berupa alat-alat canggih yang disuntikkan dalam
pabrik. Akibatnya, kuantitas pekerjanya hanya sedikit diperlukan.
Kualifikasi
pekerja ini sendiri juga bervariasi berdasarkan kesulitan pekerjaan/jenjang
karir di PT. Yakult Indonesia Persada, berupa:
1) Pada pekerja lini bawah, kualifikasi yang diberikan
berupa : lulusan SMA dan D3
2) Pada
manajer (level bawah) : lulusan S1.
3) Pada
manajer atas (top manajer) : lulusan S2.
Kuantitas
dari pekerja Yakult sendiri ada 300 pekerja di PT. Yakult Indonesia Persada,
terdiri dari:
1) 150
supir sebagai distributor.
2)
Sisa kerja staff ahli; dengan 40 ekspartiat dari Jepang
Terdapat
kelebihan dan kekurangan dari cara recruitment yang dilakukan perusahaan Yakult yaitu:
1) Kekuatan
Kekuatan dari cara perekrutan ini
berupa mudahnya mendapatkan staff ahli yang berkualitas sehingga mendapatkan
para pekerja yang berkualitas, terpercaya, dan kompeten dalam bidang pekerjaan
yang dibutuhkan.
2) Kekurangan
Kekurangan dari cara perekrutan ini
adalah seperti kebanyakan perusahaan yang menggunakan cara perekrutan ini bisa
menyebabkan adanya Nepotisme, karena biasanya pekerja direkrut masih ada
hubungan dekat, sehingga nantinya jika terjadi masalah didalam perusahaan sulit
untuk memecat karyawan. Karena ada unsur perasaan di dalamnya.
Sistem
Perekrutan
Sistem
perekrutan berasal dari internal perusahaan. Caranya dengan mencari informasi
dari bagian yang membutuhkan pekerja baru dari pekerja lama. Di bagian yang
bersangkutan mencari link/jaringan
yang kompeten.
Hal
ini menyebabkan PT. Yakult Indonesia Persada tidak membuka lowongan pekerjaan.
Kecuali apabila sudah tidak ada informasi berkaitan dengan pekerja kompeten
daripada pekerja lama.
Contoh dari perekrutan
luar PT Yakult Indonesia Persada:
Membutuhkan :
Center
Koordinator/Admin
Kriteria :
1. Perempuan
2. Usia
maksimal 27 tahun
3. Pendidikan
minimal D3
4. Belum
menikah
5. Mau bekerja
keras, orientasi target dan motivas tinggi
6. Penempatan
Cabang Jember
Fasilitas : Gaji pokok, Uang Makan,
Transport, insentife, Jamsostek
Sistem
Penerimaan Calon Pekerja
Sistem
penerimaan calon pekerja dilalui dengan 3 tahapan, yaitu:
1) Tahap
1; Seleksi administrasi
Seleksi administrasi ini dilakukan
dengan melihat kualifikasi berkas dari calon pelamar kerja.
2) Tahap
2; Tes tertulis
3) Tahap
3; Tes wawancara.
Routing dan mutasi
Tidak
ada routing dan mutasi di perusahaan ini, karena perusahaan menggunakan staff
ahli. Jika diadakan routing dan
mutasi terjadi kekacauan dalam produksi yang akan menyebabkan ketidakstabilan dan
penurunan produktifitas perusahaan.
Karena perusahaan sudah menggunakan staff ahli yang sudah sesuai dengan bidang
pekerjaannya masing-masing.
C. ANALISIS
Analisis
yang digunakan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia PT Yakult Indonesia Persada
di mana kami melihat apakah perusahaan ini (cukup) efisien atau tidak, kami
memilih dengan menggunakan: ANALISIS
SWOT.
Alasan
kami memilih analisis SWOT ini adalah karena:
1) Manajemen
Sumber Daya Manusia tidak dapat dikatakan layak atau tidak layak seperti dengan
menganalisis manajemen yang lainnya.
2) Analisis
SWOT kami melihat:
-
Streght (Kekuatan)
-
Weakness (Kekurangan)
-
Opportunity (Peluang/Kesempatan)
-
Threat (Ancaman)
yang
hal ini dapat dilihat dari perusahaan.
Berikut hasil
analisis SWOT kami:
Streght
1. Yakult
merupakan satu-satunya minuman prebiotik yang
mengandung bakteri yang bermanfaat bagi tubuh manusia, yaitu bakteri Lactobacillus casei Shirota strain.
2. Cita
rasa yang terdapat pada Yakult, murni tanpa tambahan rasa, karena Yakult merupakan minuman susu
fermentasi, yang
dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam
laktat hidup Lactobacillus casei Shirota
strain dibandingkan minuman kesehatan lainnya. Sehingga rasa dan warna
Yakult pun lebih alami dan higienis.
3. YAKULT berhasil
meraih berbagai penghargaan yaitu:
ü berhasil meraih penghargaan Top Brand
Award dan Indonesia Best Brand Award 2008.Bantuan Ambulance untuk
korban gempa Yogyakarta.
ü YAKULT berhasil
meraih penghargaan Top Brand Award dan Indonesia Best Brand Award
2008.Bantuan Ambulance untuk korban gempa Yogyakarta.
ü Pada tanggal 28 Maret
2007, pabrik Yakult yang berada di Cicurug, Sukabumi, mendapatkan penghargaan
dari Badan POM RI yaitu berupa Piagam Bintang Tiga (***) untuk Keamanan Pangan.
ü 18 Desember
2007 .YAKULT st="on"Indonesia meraih
Investment Award thn 2007 sebagai yang terbaik ke-2 untuk kategori PMA skala menengah
- kecil. Agustus 2008 .
ü YAKULT Indonesia meraih
penghargaan Top Brand Award 2008
& st="on"Indonesia Best Brand Award 2008. Sekaligus pada tahun 2008 ini Yakult Indonesia meraih
sekaligus 2 penghargaan bergengsi yaitu Top Brand Award
danst="on"Indonesia Best Brand Award untuk kategori minuman
probiotik.
4. Manfaat Yakult adalah
terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri
ini dapat memberikan
berbagai manfaat baik dalam tubuh manusia.
5. PT YAKULT benar-benar menggunakan tenaka
kerja yang kompeten.untuk menjaga mutunya, pendistribusian Yakult ditangani langsung oleh staff perusahaan.
6. PT.
Yakult Indonesia Persada udah go
internasional.
7. Diadakannya
pengujian terus-menerus oleh Yakult ini terhadap produk yang dihasilkan
berkenaan dengan kesterilan daripada produknya.
8. Sarana
dan prasarana produksi berupa alat-alat canggih/modern.
9.
Mempunyai staff ahli
10.
Pendistribusian yang luas
11.
Penguasaan pangsa pasar
12.
Letak pabriknya strategis
13. Produk
Yakult terkenal di negara-negara Asia dan populer di kalangan masyarakat
Indonesia.
14. Botol
yakult terbuat dari plastik yang ringan, aman, dan mudah didaur ulang
15. Yakult
memiliki Jargon produk yaitu “MINUMAN KELUARGA
SEHAT”.
16. Perusahaan
Yakult memiliki komitmen yang baik dalam menjaga keamanan produk yang
dihasilkan. Jaminan keamanan produk merupakan bagian penting dari pengembangan
penelitian produk. Dalam menjaga kualitas produknya, Yakult mendapatkan sertifikasi
ISO9001 untuk standar sistem manajemen kualitas.
17. PT
Yakult Indonesia Persada menerapkan strategi yaitu “Mendorong kualitas
kewaspadaan karyawan melalui penyaringan dan pelatihan yang ditingkatkan”. Hal
ini terbukti dengan adanya penyaringan terhadap sumberdaya karyawan yang
bekerja di perusahaan ini. Sementara itu untuk mendorong kualitas kewaspadaan,
dari pihak PT Yakult selalu memberikan pelatihan kepada karyawannya dalam hal
peningkatan hardskill dan soft skill tentang penguasaan secara teknis terhadap
peralatan dan mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi Yakult
18. PT
Yakult Indonesia Persada memiliki kekuatan dalam hal teknologi yang diterapkan
dalam pembuatan produk dimana perusahaan berhubungan langsung dengan pihak
Perusahaan Yakult yang ada di Jepang baik itu dalam hal pasokan bahan dasar
produk, ataupun terkait dengan peningkatan kapasitas pengetahuan pekerja
Indonesia yang study ke Jepang untuk diberikan Ilmu Pengetahun mengenai
produksi Yakult.
19. PT
Yakult Indonesia Persada juga memberikan Reward kepada karyawannya sehingga
meningkatkan motivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja, serta ada kompensasi
bagi karyawan dan membawanya ke Jepang untuk sebagai bentuk penghormatan dan
hadiah kepada karyawan yang berprestasi.
20. PT
Yakult juga mengadakan Evaluasi Kinerja dengan pihak karyawan dengan sistem
umpan balik, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dari pihak perusahaan.
Evaluasi kinerja yang dilakukan mencakup hasil dari kerja karyawan dan bentuk
lainnya mengenai kepuasan dari pelanggan baik itu melalui layanan konsumen atau
surat elektronik. Sementara itu tingkat permintaan akan produk Yakult pun
menjadi dasar evaluasi kinerja dari karyawan karena berhubungan lansung dengan
seberapa tinggi kinerjanya para karyawan dalam memberikan layanan kepada pihak
konsumen sehingga permintaan akan produk yakult pun menjadi dasar.
Weakness
1.
Karena Yakult minuman yang dibuat dengan
cara memfermentasi susu bubuk
skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain dan tanpa menambah bahan
pengawet sedikitpun, maka Yakult harus selalu disimpan didalam pendingin
(dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult
tetap non aktif. Hal
ini guna untuk menjaga mutu dari minuman ini sendiri dan hanya mampu bertahan sampai 40 hari saja.
2.
belum banyaknya varian yang dibuat oleh
YAKULT, Yakult baru membuat dua varian produknya, yaitu: Yakult, dan Yakult
Ace. Dimana Yakult Ace ini pun barangnya masih dimpor dari Malaysia.
3.
Cara perekruitmen yang dilakukan oleh PT
YAKULT yang menggunakan HOMES menimbulkan masalah adanya nepotisme
4.
Transportasinya masih menggunakan
angkutan darat.
5.
Menejemen kurang siap terhadap perubahan
6.
Kurang menyerap tenaga kerja karena PT
Yakult Indonesia Persada telah menggunakan teknologi modern.
7.
Ukuran Yakult yang kecil dapat
menyebabkan tidak terlihatnya produk Yakult
di antara produk lainnya yang didinginkan dalam beberapa lemari es.
8.
Kemasan plastic 1 pack dapat menyebabkan
kesulitan bagi konsumen yang membeli secara eceran.
Opportunity
1. Pasar
domestik dan global masih terbuka lebar untuk dimanfaatkan, baik karena
ekspansi daerah baru dan menjaga tingkat penuaan usus.
2.
Pola hidup konsumen yang masih
memperhatikan kesehatannya, ususnya untuk menjaga usus.
3.
Menambahkan Yakult ke makanan lain,
misalnya, milkshake.
4.
Masih sedikitnya kompetitor yang
mengembangkan produk seperti yakult ini.
Threat
1. Banyaknya
minuman-minuman probiotik yang beredar dipasar Indonesia saat ini
2.
Konsumen bonsen terhadap rasa yakult
3.
Adanya subtitusi untuk minuman sehat
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari hasil kunjungan dan wawancara
yang kelompok kami lakukan didapatkan hasil bahwa PT. Yakult Indonesia Persada memiliki
kategori EFISIEN.
Hal ini dikarenakan dalam aspek
SDM:
1. Pengelolaan
Sumber Daya Manusia-nya baik.
Dibuktikan dengan menempatkan
karyawan sesuai dengan keahlian dan pendidikannya masing-masing. Sehingga karyawan
dapat transfer knowledge
(mengaplikasikan ilmunya).
2.
Penghargaan ke Jepang
Karyawan mendapatkan penghargaan. Hal
ini menjadi kesempatan transfer knowledge dari mengunjungi langsung proses
pembuatan di pabrik PT. Yakult Honsha yang ada di Jepang.
Manajemen Sumber Daya Manusia PT
Yakult Indonesia Persada
mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumberdaya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumberdaya manusia berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan PT Yakult indonesia Persada yang dibutuhkan untuk meraih tujuan PT Yakult Indonesia Persada.
Akhirnya, semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada, semuanya bernaung di bawah payung Sumber Daya Manusia. Sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar bisa tetap establish dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi utama adalah profit dan benefit.
mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumberdaya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumberdaya manusia berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan PT Yakult indonesia Persada yang dibutuhkan untuk meraih tujuan PT Yakult Indonesia Persada.
Akhirnya, semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada, semuanya bernaung di bawah payung Sumber Daya Manusia. Sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar bisa tetap establish dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi utama adalah profit dan benefit.
DAFTAR PUSTAKA
id.wikipedia.org/wiki/Yakult
Komentar
Posting Komentar