Bagaimana Aku Melihat Malam

Satu dasawarsa terakhir, aku selalu berpikir dan merasa bahwa yang membuat perasaanku terbawa adalah nuansa malam. Akan tetapi, pada beberapa kesempatan terakhir ini, aku menyadari bahwa, yang membuat perasaanku terbawa adalah senja. Waktu sesaat sebelum maghrib menjelang. Saat mega mulai tampak di ufuk barat. Menyemburatkan warna jingga yang perlahan berubah ungu, indigo, lalu hilang ditelan gelap malam.


Senja adalah waktu di mana menjadi penentu bagaimana aku melihat malam. Waktu-waktu yang kuhabiskan di masa lalu berkelana mencari jawaban apa sebenarnya yang kucari dalam hidup ini. Dibalut waktu-waktu di atas kendaraan kawanku dan singgah untuk berdiskusi. Lalu waktu-waktu aku berjalan sendiri dan membiarkan lembap angin senja membelai pipi saat aku gamang setelah menatap jejal kata di toko buku itu.


Sosok senja yang bertemu denganku membuat malamku penuh dengan perenungan dan pencerahan sekaligus. Di setiap kalimat yang orang sebut sebagai galau aku mengungkapkan kata-kata. Senja membuat anganku terbang bersama malam dalam ribuan gurindam kehidupan. Kata-kataku yang tak tersampaikan lagi. Kata-kataku yang tak berjejak lagi.


Kata orang, orang yang menyukai senja adalah orang pesimis yang penuh dengan penyesalan tentang masa lalu. Tapi, aku berani berkata bahwa hanya sedikit manusia di dunia ini yang berani mengakui dan menengok ke belakang tentang keberadaan penyesalan. Lalu belajar darinya sebelum melangkah lagi.


Oh, senja yang pergi bersama arak awan dan angin menuju peraduan. Maafkan aku yang salah menduga siapa yang kucintai. Kautahu, sejak dahulu aku tak pandai tahu dan mencari tahu tentang cinta.

 

Sumber: Dokumentasi pribadi (9 Maret 2021, Xiaomi Mi A1
Sumber: Dokumentasi pribadi (9 Maret 2021, Xiaomi Mi A1)


Bandarlampung, 8 Juni 2021

Prima Helaubudi

What a cheesy... But, somehow, I like it.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA