Resep Sushi Nganar binti Ekonomis Lalalala

Izinkan saya...
Apa sih.. Udah lama gak nulis terus dibuka dengan yang alay-alay.. :D
So, di tulisanku hari ini, aku bakalan kasih resep nganar ala sohib gw SMP yang datang ke rumah. Ini resep buat kalian yang mau makan sushi tapi terlalu mager buat order dan pergi. Atau terlalu kanker (kantong kering) untuk beli yang mahal-mahal.

Bahan:
Nasi rumahan yang pulen secukupnya
Nori sasetan secukupnya
Mayonaise merek apa saja terserah.

Cara membuat:
1. Ambil Nori
2. Letakkan nasi di atasnya maksimal setengah ukuran Nori
3. Berikan mayonaise secukupnya.
4. Di-roll mulai dari bagian Nori yang ada nasi di atasnya sampai berbentuk bulat.
5. Makan.

Wkwkwk.. Kelihatan gak guna banget kan, ya? Sebagian yang baca mungkin bakal berkata, "Yah, gini doang juga gw bisa..." Aku awalnya juga gak punya ekspektasi gimana-gimana soal rasanya. Tapi pas dimakan... Wuuuusssshhh.. Hampir menyamai sushi asli lho. Terus sisi realistis gw berkata dari alam bawah sadar, "Apa yang membuat sushi-sushi di restoran itu enak?" Jawabannya: atmosfer. Itu saja sebenarnya. Soal bahan, gw sendiri gak yakin semuanya impor dari tempat suatu makanan berasal. Kalo iya, mungkin baru rasanya di atas level "enak". Atau kalo chef-nya impor(?) dari negara asalnya. Baru naik level.

Lagipula setelah pernah jualan sana-sini semasa kuliah, gw tau kok... Tau apa? Bahwa jualan makanan itu, untungnya paling banyak. Seminimal-minimalnya 50%. Maksimal 200% untuk makanan yang normal, ya. Bukan yang macam pakai emas 24 karat yang bisa dimakan.. :D

Catatan tambahan:
Kalo mau tambah mirip dengan sushi aslinya, bisa ditambahkan proteinnya lho.

Bahannya simpel:
1. Protein apa yang kamu mau. Bagusnya seafood sih. Kalau itu ikan, bakalan lebih asik ikan laut dalam, terus potong dadu.
2. Perbawangan. Saran gw, banyakin bawang putih. Kalo ada, tambahin bawang Bombay. Mau tambahin bawang merah juga boleh. Cuma kalo seafood rasanya sudah manis. Buat balancing, bagus yang mengeluarkan aroma gurih sih.

Cara membuat:
1. Tambahkan garam dan lemon (kalo ada), diamkan, lalu cuci untuk proteinnya.
2. Panaskan perbawangan dengan minyak dengan api kecil di wajan.
3. Tumis cepat sampai matang. Tapi jangan kematangan.
4. Dalam urutannya, letakan di atas nasi, atau bisa juga di atas Nori setelah digulung.

Mau lebih fancy lagi namun mau rapi karena sadar diri bukan chef? Tambahkan sedikiiiiiitttt banget kecap asin di nasinya.. Biar ala-ala beneran nasi Jepang gitu... Ambil wrapping wrap, taruh di atas hasil sushi tadi.. Bulatkan, lalu pelintir ujung wrapping wrap sampai kencang. Insya Allah bulet itu sushi. Taro di piring cantik. Hias-hias pake persaosan, tobiko, alpukat, de el el.

Bandarlampung, 25 September 2018
Prima Helaubudi
Catatan (lagi): Gw sekarang bukan orang yang food porn dan suka foto makanan sekarang walaupun suka lihat YouTube soal makanan, ya.. Kenapa?
1. Keburu laper
2. Gak jago plating
3. Banyak sodara kita di luar sana yang gak bisa makan. Jadi menurut gw, kita buat dan makan apa tidak perlu sebangga itu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA