Seluk Beluk Ramadan (When Ramadan is Coming)

*Aku memutuskan sejenak untuk rehat dari EBI... Hayati lelah, Bang... :D

Apa sih waktu untuk muslim yang lurus fitrahnya tunggu? Yup. Ramadan. Ramadan berlangsung satu tahun kurang sedikit dibandingkan dengan kalender Masehi karena menggunakan kalender bulan. Nah, sebagai muslim, setiap kita, biasanya, hasil survei pribadi sih, punya tanda-tanda sendiri untuk nyirenin ini bulan Ramadan. Apa aja sih yang biasanya jadi penanda Ramadan buatku? Siapa tau kita sama? *apa ini tandanya jodoh? *Oke... Hentikan kegilaan ini :D

Sumber: Pinterest

(Peringatan: Tanda-tanda ini ditulis secara acak. Kesamaan sifat dan tingkah laku tidak ditanggung dari pihak penyelenggara :D)

1. Tiba-tiba pengajian banyak mengingatkan sudah masuk bulan Rajab

Setiap hendak masuk bulan Ramadan nih. Selalu deh dari bulan Rajab di pengajian diingatkan kalau sebentar lagi Ramadan. Mungkin kita penasaran, kenapa sih, ya, always gitu pengingatnya dimulai dari bulan Rajab. Ternyata, oh, ternyata. Bulan Rajab itu adalah bulan yang diibaratkan salah satu ulama terkenal, sebut saja Ibnul Qayyim, sebagai angin. Lalu, bulan Sya'ban diibaratkan sebagai mendung. Puncaknya, bulan Ramadan sebagai hujannya. Cantik ya umpamanya. Aku sih yess itu wow.

Sumber: Pinterest

Intinya, starting point untuk siap beribadah khususnya ibadah puasa di bulan Ramadan ada di bulan Rajab dan sya'ban.

2. Harga sembako mulai merangkak naik --____--

Sumber: di sini

Buat emak-emak macem ekeh yang mikirin dapur bisa ngebul setiap hari, mau gak mau, suka gak suka, perkara satu ini bikin pusing kepala. Secara teori, tau sih. Namanya juga kebutuhan pokok. Naik berapa aja, banyak komentar juga kudu dibeli. Alangkah lebih bagus gak komentar. Diresapi aja. Tapi efek bikin nguap uang di dompet itu... T.T cuma emak-emak yang paling mengerti...

3. Harga emas ikutan naik

Penting gak penting sih. Tapi biasanya gitu.. Namanya juga emas jadi standar walaupun udah banyak penyimpangan dalam praktiknya. Tapi, buktiin aja...

4. Tiba-tiba tenggorokan sering terasa kering

Nujum gak sih yang satu ini?? Tapi sering banget penulis ketemu orang yang ternyata sepakat menjelang Ramadan secara ajaib, rasa di tenggorokan sering kering. Tiba-tiba gak doyan makan, malek makan, gitu-gitu. Apa efek sembako naik? Wallaahu a'lam.

5. Tempias cahaya matahari terasa berbeda

Sumber: Pinterest

Ajegile, ya, bahasa gw buat poin yang satu ini?? :D Apa mungkin karena kalo soal yang puitis-puitis binti melankolis-romantis akut gw suka? Bisa jadi sih. Aku tuh sering ngerasa bahwa ketika memasuki Rajab dan perlahan mendekat ke Ramadan, apalagi saat memasuki bulan Ramadan, cahaya matahari terasa lebih syahdu dari biasanya. Dan malam lebih elok dari rupa biasanya. Tsaaaah!!

Sumber: Pinterest

6. Ibadah-ibadah lebih berasa

Banyak banget ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Dan mungkin karena dedengkot setan lagi di kerangkeng, ya. Setidaknya gak sesusah di hari-hari biasa untuk beribadah.

7. Sirup Marjan, nata de coco, timun suri, dan blewah jadi primadona

Sumber: di sini

Bukan iklan atau promot, ya, walaupun iya. Hahahaha.. Pasti deh setiap bulan puasa identik dengan semua itu. Sirup Marjan, nata de coco, timun suri, dan blewah jadi satu. Tambah selasih menjadi: *taraaaaaa* es buat buka puasa.. Bisa dikombinasiin juga sama buah-buahan. Ala-ala mau sehat tapi kebanyakan gula. Hayo ngaku..

8. Mercon!

I hate mercon. Saban puasa sejak nikah dan pindah di rumah sini, entah kenapa itu anak-anak sekitar bahkan dari RT dan RW samping main mercon di depan rumah sini. Berisik tau!! Argggh.. Mana sekarang ada bayi. Jadi deh kadang anak udah in the hoy mau tidur, eh, bangun lagi. Kan kzl. --____-- Udah naik beroktaf-oktaf ini suara tetep aja deh main di depan rumah. Menyisakan kenangan berupa sampah mercon berceceran. -_-

9. Semua berbau--yang katanya--syar'i dan saling memaapkan

Semua deh. Sampe iklan rokok aja bau-bau syar'i dan maap-maapan..

Mungkin itu, yah, beberapa hal yang aku rasakan saat bulan puasa. Mungkin masih banyak lagi. Cuma random thought jadi pasti ada aja yang lewat. Hahaha.

By the way, saat Ramadan datang, apa aja sih yang disiapin? Aku juga akan me-list versiku nih:

1. Ilmu soal puasa

Sumber: Pinterest

Sudah tau pun mesti dibaca dan dikaji ulang sih. Salah satunya biar semangat sebagai alarm, wey, ini Ramadan loh! Biar rasanya lebih unch gitu.. Apalagi buat perempuan yang ada di dalamnya hukum haid, nifas, hamil, dan menyusui. Silang pendapatnya banyak. Gak jarang, bahkan udah lahiran aja, masih galau milih fikih soal-soal beginian. Fidyah apa qodho, ya? Apa dua-duanya? Apa salah satu dulu diusahakan, apa dua-duanya? Lalu, pusing sendiri dan jadi au ah gelap. Nah, makanya, ilmu penttttiiing bangets ngets!

2. Fisik

Kemampuan fisik tentu penting untuk puasa dong. Gak karena puasa jadi letoy. Tetep harus beraktivitas. Ingat. Ada dua hal yang banyak manusia tertipu daripadanya: kesehatan dan waktu luang. Mumpung sehat, gunakan dengan baik. Betapa banyak orang lalai mengira bisa bertemu dengan puasa dan berharap Lailatul Qadar justru meninggal sebelum atau bahkan saat puasa? *Pengingat banget buatku juga sih *jleb!

3. Konsentrasi

Sering banget kita terdistraksi dengan beragam hal sehari-hari. Contoh: berita, gawai, dan lain-lain. Berkonsentrasilah saat puasa karena di bulan Ramadan aka bulan puasa ini pahala berlipat-lipat digandakan. Stop banget deh dengerin gosip, ikut kritik-kritik sana-sini, dan nyinyir. Anti kritik-kritik klub dah. Kalo gak dapet untung, kenapa coba kita gak diem aja? Lebih selamat. Tapi susah sih. Apalagi buat awewe.. Peer berat... Hmmm.

Sekian ya eman-eman. Rest of all: Happy fasting.. May Allaah makes us Fitr again!! :) :-*

Sumber: Pinterest

Bandarlampung, 31 Mei 2018
Prima Helaubudi
.
.
.
yang lagi pengen 4Lay...
(Dan maa syaa Allaah.. ini sudah 15 Ramadan... :) )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA