Lintasan Pikiran #5: Beginilah Kehidupan Mengajari

Sumber: di sini

          Kehidupan...
          memiliki caranya sendiri...
          memberikan waktu yang tepat...
          untuk segalanya...
          Di sinilah kesabaranmu diuji,
          wahai manusia yang terburu-buru...

Kehidupan seperti jalan menuju satu titik tujuan. Terkadang, satu titik tujuan bisa ditempuh dengan dua jalan. Jalan pertama dekat dengan tujuan namun dicegat dengan banyak lampu merah, keramaian, dan juga kendaraan. Jalan kedua lebih berliku untuk sampai tujuan namun begitu indah, sejuk, dan memanjakan mata. Tiba-tiba di satu titik, kedua kendaraan berjenis sama sampai di tujuan pada waktu yang sama.

Demikian pula dengan hidup. Terkadang, seseorang sudah sampai pada jalan yang dekat dengan tujuan. Akan tetapi, ia harus banyak bersabar dengan kesesakan yang menghampiri agar konsisten dalam menempuh. Pada jalan kedua, di sisi lainnya, terkadang seseorang menempuh jalan yang begitu jauh untuk sampai tujuan. Tapi ia dikelilingi banyak hal yang memanjakan matanya hingga ia bersyukur. Tiba-tiba di satu titik, kedua manusia bertemu di tujuan pada waktu yang sama.

Kehidupan, bukan soal siapa yang memulai terlebih dahulu. Tetapi, kehidupan adalah soal siapa yang menikmati proses dan keadaannya dengan jiwa penuh sabar dan syukur.

Sumber: Pinterest; disunting bentuk kolase

Bandarlampung, 10--18/04/2018
Prima Helaubudi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manuskrip Teater

Sajak Anak-anak Mati