Meningkatkan Daya Ingat Melalui Daya Baca yang Tidak Seberapa




Judul Buku                : Daya Ingat Anda Semakin Menurun?
Penulis                        : Rony Dwi Andhika, S.Ked
Penerbit                      : FlashBooks
Cetakan                      : Pertama, 2015
Jumlah; Tebal           : 152 hlmn; 14 x 20 cm

Di mana kunci diletakkan? Di mana SIM diletakkan? Jika pertanyaan-pertanyaan semacam ini menghampiri pikiran dan aktivitas sehari-hari, bisa jadi daya ingat menurun. Menurunnya daya ingat bukanlah hal yang menyenangkan tentunya. Tidak hanya perasaan kesal, alokasi waktu yang terbuang percuma tak jarang jadi masalah sekunder yang datang.
Pengulasan masalah daya ingat, hari ini, mungkin bukanlah suatu topik umum yang bisa ditemui selain dari buku-buku kedokteran dalam ukuran tebal. Tentu isinya penuh dengan beragam pernyataan yang sering tidak dipahami isinya oleh kebanyakan masyarakat awam. Buku “Daya Ingat Anda Semakin Menurun?” meramaikan sebagai sarana memerolhe informasi tersebut. Buku ini begitu segar. Bersampul karikatur laki-laki yang sedang mengusap kepalanya seakan lupa, tersajikan informasi menarik mengenai daya ingat. Pengulasan masalah daya ingat jadi tidak pernah seringan ini. istilah-istilah ilmiah jarang disebut panjang-lebar. Jadi, bagi yang sangat ingin berhenti dan tutup buku buru-buru dari buku “berat”, buku satu ini bisa jadi solusi.
Bicara masalah daya ingat, istilah-istilah ilmiah memang tidak terelakkan. Penggunaan istilah-istilah ilmiah yang ringkas merupakan daya pikat. Alur yang tidak bertele-tele sangat pas untuk mereka yang tidak punya banyak waktu dalam membaca dan mencari pengetahuan. Alhasil, dengan daya baca yang tak seberapa, siapapun mampu mendapatkan informasi tentang daya ingat. Poin-poin inti tentang daya ingat diberikan gamblang: faktor-faktor pemicu, aktivitas penyebab turunnya, dan upaya agar semakin kuatnya daya ingat ada di sini. Poin-poin gamblang di sini mendapati pola hidup adalah sumber dari masalah daya ingat, Solusinya pun mengejutkan! Begitu (terasa) mudahnya untuk dilakukan dan ditemukan subtitusinya dalam kehidupan sehari-hari.
Pada sisi lain, kesegaran kemasan dari buku menarik dan tidak berat secara teoritis ini memiliki beberapa kekurangan. Aplikasi warna dan gambar hanya tercermin dalam sampul semata. Padahal dengan keberadaan aplikasi warna dan gambar di dalam buku jelas akan membuat pembaca asyik dibandingkan hanya cetakan tinta hitam di atas kertas putih. Akan lebih baik lagi keberadaan tata letak pernyataan kunci diperbanyak. Tidak sekadar hanya kutipan saja yang ditunjukkan dalam sebuah kotak dengan bentuk huruf berbeda. Terakhir, meskipun buku ini ringan, akan tetapi, akan lebih baik jika pada bagian daftar pustaka penulis menuliskan referensi jurnal yang digunakan dalam tulisan. Keberadaan referensi ini tentu akan menjadikan buku ini dapat menyentuh sebagian masyarakat yang memang berasal dari kalangan akademis.
Kalangan akademis atau bukan, buku satu ini pantas dinginginkan karena pengetahuan ringkas nan praktisnya. Buku ini dapat dijadikan lompatan kecil pertama bagi yang penasaran bagaimana mengatasi menganggunya penurunan daya ingat. Apalagi jika buku ringkas yang hanya membutuhkan sedikit daya baca saja.

Bandarlampung, 11-12-2015
Prima Helaubudi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manuskrip Teater

Sajak Anak-anak Mati