Cerita Tentang Konspirasi

Cerita Tentang Konspirasi

Tadi berbincang sejenak dengan adik tingkat FKIP Sejarah. Dia menuturkan pengetahuan baru kepadaku yang qadarullaah itu memang bidang yang aku kurang sukai.

Bersumber dari dosennya yang dosennya melihat pengakuan seorang dokter berras Cina, dia bercerita sembari menegak minuman ringannya, "Ternyata G-30S PKI itu gak pernah ada tahu, Mbak, dalam sejarah Indonesia. Ternyata dibalik dokumentasi peristiwa Lubang Buaya ada Soeharto di belakangnya. Dia yang merencanakan semuanya. Kalau di filmnya kita lihat para korban dipotong (sensor), disayat-sayat, baru dibuang ke Lubang Buaya. Padahal kenyataannya, mereka hanya ditembak saja. Dokter asal Cina ketika diwawancarai sampai menangis karena tahu rahasia ini. Ini dilakukan agar rakyat Indonesia membenci Soekarno. Dan sebenarnya pun Supersemar itu juga tidak ada. Supersemar yang asli itu sebenarnya berisi pernyataan sakit Soekarno dan permintaan menjaga negara sebentar sampai dia sembuh. Tapi teksnya diubah Soeharto menjadi pengunduran diri dan pengangkatan dia. Makanya teks yang asli tidak pernah ditemukan. Bisa jadi sengaja dimusnahkan.

Aku kaget. Dan aku menanggapi dengan kaitan IMF. Lalu, seorang kawanku yang konsentrasi keuangan bercerita padaku. Menambah seru cerita kami.

Kawanku : "Sebenarnya hutang Indonesia pada IMF sudah lunas lho."
Aku : "Lho? Sudah? Kapan?"
Kawan : "Aku lupa. Sudah tahun 2000 berapa gitu."
Adik tingkat : "Aku tahunya yang pokok hutang sudah. Tapi yang bunganya belum."
Aku : "Aku justru kebalikan. Aku tahunya bahwa Indonesia cuma dapat membayar bunga, tapi tidak sanggup membayar pokoknya."
Kawanku : "Sudah lunas, tahu, Prim."
Aku : (terkejut) "Kenapa hal-hal ini tidak diberitakan luas oleh media?"
Adik tingkat : "Memang begitu. Di Amerika ada 'kan CIA. Di sana tersimpan dokumen-dokumen tentang kayak gini. Menurut cerita sih, setiap 20 tahun rahasia tiap negara akan dibocorkan. Kisah G30S PKI ini sudah terbongkar tahun 2002 lalu. Tapi mana ada yang tahu?"

Aku mengangguk.

Aku orang yang aku anggap cukup perduli dengan sejarah. Akan tetapi, begitu banyak bias di dalamnya membuatku menjauh.

Aku belum mengecek/meliterasi ulang apa yang kawan-kawanku ucapkan. Maka dari itu judul tulisan ringanku adalah cerita. Sebab, aku belum mengetahui ilmiahnya bagaimana. Dan itu pun sulit dicari di media umum.

Tapi ini menjadi pelajaran dan memperteguh pelajaran yang memang telah kuketahui. Teori konspirasi. Teori ini adalah salah satu yang paling nyata di samping teori agama. Hanya uniknya, dia begitu halus dan sulit dideteksi. Harus benar-benar cerdas untuk menalarinya. Jika tidak dan hanya ikut arus, berbahaya. Dininabobokan, tetiba semua tataran dunia hancur.

Para pencari kebenaran. Memang sulit bagi yang tidak tekun. Contohnya seperti diriku.

Silahkan literasi.

Wa iyyadzubillaah!
Wallaahul musta'an.
Wallaahu'alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA