pernyataan sikap

entah mereka sadar atau pun tidak, -namun aku yakin adanya mereka sadar- sikapku berubah. apakah aku orang asing? jangankan untukmu, aku pun terkadang terkaget dengan diriku.
aku menarik diri cukup intens kini. bukan apa pun. hanya menggunakan matematis saja.
coba kalkulasi besar mana antara:
kuliah, organisasi, liqo, dan tsaqafah,
dengan:
kuliah, organisasi, liqo, tsaqafah, hafalan, bahasa arab, tahsin, birrul walidain, dan silahturahim.
aku memilih yang kedua. aku tidak mau terkungkung dalam dakwah, jihad yang dimaknai begitu sempit oleh sekitarku. aku butuh makna yang jauh lebih komprehensif untuk semuanya.
jika aku berorganisasi yang minim penjagaan, aku masih bisa bertahan. toh setahun kemarin aku tahan, bukan? tapi ini jauh lebih besar dari itu.
apabila hanya itu yang aku kejar, apa bedanya dengan 'aku 4 tahun lalu'? aku dahulu yang hanya sekolah dan loyal 100% pada organisasi yang kuemban. itu tidak ada bedanya dengan mereka yang kuliah, kebanyakan les, pacaran, dan organisasi semata.
tidak semudah itu. aku membutuhkan perubahan mendasar. jika dalam materi tarbiyah namanya jihad melawan nafsu diri sendiri.
dan aku inginkan itu. aku tidak lagi butuh sertifikat-sertifikat, penghargaan, atau pemenuhan cv buat bekerja (pemikiran awal).
aku butuh perubahan ke arah lebih baik menuju Rabb-ku. dan aku rela meninggalkan kekohesifan kelompok ini.
berjama'ah, pasti. sama-sama Islam, bukan? aku tidak mau memarjinalisasi dan berpikir parsial. enyahlah.
aku tidak hanya ingin bermanfaat bagi orang lain seperti doktrin kalian saja. aku juga ingin bermanfaat bagi diriku sendiri, keluarga, sahabat, dan sekitar.
lihatlah ke dalam diri kalian, kawan. apa apa yang diajarkan saja cukup? ini agama. kita dilarang taqlid buta tanpa dalil. belajarlah. berilmu sebelum beramal. tak usah nyaman dengan yang ada di hadapanmu. itu tidak cukup!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA