my struggling at SMA (kelas XII)

by Prima Helaubudi on Tuesday, January 3, 2012 at 1:04pm ·

Ok, gw lanjutin apa yang terjadi dengan masa SMA gw..

Kelas 3 merupakan hal yang menyebalkan buat gw gara-gara UN. hem, bisa dibilang gw belajar setengah sinting kelas 3.

Awal semester 1 gw masih sering ngelatih dan bantu-bantu anak KOLASTRA pentas. Namun udah gak seserius dan segila waktu gw kelas 1dan 2.

Di sekret, gw sering mengumandangkan, "Loh, itu bukan urusan gw lagi. Kan kamuorang pengurusnya." Beuh, rasanya seneng bener gw ngomong gitu.

Pas reor, baik gw maupun beberapa kawan pengurus lain udah ngecupin siapa-siapa yang bakal ngisi pos kitaorang. Dan voula... Reor terjadi dengan lancar.

Hem, gw di sekret keep jadi jin tomang-nya. Gw inget kata-kata adik kelas gw pas masuk sekret, "Mbak Prima, Mbak Desy lagi. Bosen gw Mbak liat muka loe orang berdua. Ke kantin kamuorang, ke kelas mana ada kamuorang. Pusing gw!" hehehe.. Gw sering diajak pecicilan sama Desy muter-muter keliling 9.

Kitaorang masih sering ngelakonin kegilaan. Masih sering ngebuat video klip kocak Ridho Roma, atau sok lipsing alay. Hahaha.. Masih suka juga diskusi tentang Final Destination atau Resident Evil yang gak bosen-bosen ditonton. Oia, kitaorang juga ngebuat kisah berkebalikan dari Final Destination. Kalo FD tentang kematian yang crazy, maka kami membuat judulnya, "Kematian Biasa". Dan yang menang adalah versiku. Bapak-bapak sarapan terus sakit jantung. Mati. Hahaha.

Tapi semua itu gak lebih karena sebenernya gw dan Desy gak mau tegang ngehadapin UN walau nyatanya kepikiran juga.

Datang tawaran ke gw dkk lomba ekonomi-akuntansi dari STAN. Namun gilanya, kami nyaris gak dapet pelatihan memadai. Well, ini nih. Kebiasaan... Kalo anak IPS yang lomba gak diurus sama guru.

Gw dkk belajar otodidak kebanyakan. Pas hari H, kelompok gw akuntansi Desy IPS 3 dan Eta ngerjain soal. Hep, agak kaget dengan PG-nya yang bahasa Inggris. Sialnya, kami kalah beda 1 point sama SMA 2! 1 point cui! Dan, dan, argh, kelompok kawan gw les yang masuk itu. Pengen ngasah golok gw! Grr...

Kami bertemu dengan Bu May pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Nyiksa woi. Tapi rada-rada pinteran sih ketemu beliau.

Beliau bawa masalah agama di kelas yang udah ciri khas ibu itu. Gw pernah sakit hati, sering malah. Yang paling gw inget, "Nak, kalian bayangkan kalo ada orang mau nyapa kalian. Darimana mereka tau kalian Islam atau bukan? Misalnya, (menunjuk pada aku dan Icha) ada dua orang gini, mana yang Islam? (ada yang jawab "Icha-lah, kan pake jilbab.") Nah... Itu kalian tau. Maka dari itu, pakelah jilbab itu."

Beuh, buat gw yang waktu itu gak pake jilbab rasanya tuh kayak hati gw disayat pake golok terus disiram air garam pas berdarah-darah... Sakit!

Awalnya gw gak terima dakwah beliau, tapi ya gw mikir juga soalnya emang gw mau pake jilbab dari kelas 2 SMP tapi gak boleh.

Pas bulan Ramadhan tahun 2009 gw mikirin gimanalah niat gw ini. Alhasil, gw tidur hampir tengah malem terus mikirin.

Gw berdiri di depan cermin ngehadepin setan gw sendiri.
A: "Mau pake jilbab?"
B: (mengangguk)
A: "Halah, masih belum baik kok mau pake jilbab?"
B: "Emang kapan baiknya kalo nunggu? Sampe mati?"
A: "Sok-sok ngomong mati, emang loe yakin besok mati?"
B: "Gak sih."
A: "Nah, kan?"
B: "Tapi gak ada juga yang yakin besok gw hidup."
A: "Modalnya gede cui."
B: "Iya sih."
A: (senyum)
B: "Gw bisa gunain semua uang gw bulan depan buat beli semua itu. Rok, jilbab. Kalo baju panjang, udah banyak."
A: "Aih, pake rok juga? Serius loe?"
B: "Yep."
A: "Lebay."
B: "Biar! Jadi kalo lagi futur gak jatoh-jatoh amat."
A: "Nah, entar kalo dilepas lagi, gimana?"
B: "Gak, insya Allah."
A: "Halah, gak yakin."
B: "Setidakyakinnya gw besok hidup."
A: "Udah tunda aja awal kuliah, fokus belajar UN."
B: "Kalo mati?"

Ini gawe gw tiap malem, dan akhirnya 30 September 2009 resmi gw pake jilbab. Hari itu pas masuk sekolah. Dan emang Desy udah siap di depan pintu kelas dan dia tersenyum lebar seolah berkata, "Udah gw duga." hahaha... Chemistry yang aneh.

Well, kami bergegas memperbaiki diri. Kami sering ke Balai Buku dan banyak beli buku, setukeran. Kami serius mengejar ketinggalan kami. Mencari dalil baru melakukan. Tidak lupa dengan UN, tentunya. Hehehe.

3 bulan berlalu. Aku dan Desy diskusi mengenai penggunaan jilbab yang gak bener sehingga pelakunya tetap masuk neraka.

Ide gila pun tercetus dari mulutku, "Beli jilbab segi 4, yuk?"
"Orang gila."
"Berani gak?" kataku. Desy diam saja. Dan kami pun ke BB nyari jilbab segi 4.

Lucunya, gw seumur hidup belum pernah make jilbab segi 4. Dan gw ngerasa bego banget sampe rumah. 'Yang penting niat!' Alibiku dalam hati.

Besok paginya, aku mau pake jilbab segi 4 dan sengaja bersiap setengah jam sebelum berangkat. Dan whung, "Gimana makenya ini?!!" Aku histeris di kamar. Alhasil, aku cuma gambling. Kalau ibuku sanggup makein jarum pentul, aku berangkat pake ini jilbab. Kalo gak, pake jilbab langsung. Dan gotcha! Ibuku bisa. Yeah.

Sampe sekolah di depan pintu kelas, Desy dan Icha menunggu. Dengan wajah cemberut gak suka Desy berkata, "Hem, pake jilbab segi 4 ini anak. (menoleh) Clara...!"

Clara pun keluar kelas dan... "Astaghfirullah, Prima.."

Aku dicegat masuk kelas dan diseret ke sekret ngebenerin jilbab. "Rapi, ah!" belaku. "Jidat loe rapi!" bentak Clara.

Bulan pertama nyoba pake jilbab segi 4 itu penyiksaan dalam bentuk lain pokoknya.

Lanjut, kitaorang dapet tawaran ikut lomba akuntansi Unila. H-5!!! WHAT?

Kata guru-guru, tadinya mau dilimpahkan pada anak kelas 2, tapi mereka pada belum ada yang siap. Alhasil anak kelas 3 yang dikirim.

Dari 9 aku, Icha, sama Fina. Dan mau tau? Babak penyisihan separuh soal bahasa Inggris. Oh, God! Semoga kami se-tim yang dengan bekal gak seberapa sanggup.

Yak! Kami lolos ke semifinal. Dan di semifinal aku kaget ternyata anak SMK pada ikut. Ya lancarlah diaorang. Orang gila!

Kami ternyata mendapat 9 besar. Tapi lumayanlah. Hehe..

Right. Kehidupan diluarku udah les sampe jam 8 malem terus. Ditambah tugas kadang gak tidur, kadang sampe jam 3 pagi. Aku melahap 3 buku un, snmptn, dsb. Buku-buku yang tadinya kelipat rapi aku bongkar dan kugerus paksa isi-isinya sampai nyaris sobek. Berlaku juga untuk matematika dan sejarah yang paling muales aku baca.

Saat UN, pas mata pelajaran sosiologi, yang ujian di kelasku pada diminta pengawas buat tidur gara-gara kitaorang mulai mainan. Gila! UN bukan sih ini? Ckckck.

Gak lama berselang, aku diberitahu ayah kena kanker paru-paru. Tapi ini akan dibahas nanti. Ayah sangat senang aku masuk pmka manajemen unila. Tadinya aku mau kuliah diluar kota, tapi ortu memaksa karena alasan finansial. Ok, aku ngalah.

Aku diberitahu wali kelas untuk mewakili kelas di perpisahan. Padahal aku udah niat gak dateng. Alhasil, karena pasca banjir gak punya kebaya, aku pake gamis nenek yang rada-rada pantes. Sepatu hak juga pinjem nenek, bros juga, tas juga. Jilbab pinjem guru. Ah, ah, ah. Gak punya baju cewek begini nih.

Ditambah lagi, aku harus berangkat naik angkot. Well, ini lebih baik ketimbang nginep di rumah om dan didandanin tante. Oh, gak banget.

Sampe di GSG buat acara kendi ilmu bayanganku gak berubah. Kepeleset gara-gara hak tinggi, keserimpet gamis, tas jatoh, lupa susunan barisan, atau mecahin kendi. Sayang, gak terjadi. Alhamdulillah ya, sesuatu. Hahaha.

Bye 9..
Dan sejak itu semua jadi begitu kelabu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater - wu wei, dan siapa nama aslimu

STUDI KELAYAKAN BISNIS MENGANALISIS KEEFISIENAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA